Banjarmasin merupakan ibu kota dari Kalimantan Selatan. Kota ini dijuluki kota seribu sungai , karena memang banyak sekali sungai di kota ini dan dipisahkan oleh banyak pulau, dengan tempatnya yang sangat strategis secara geografis. Meskipun kota Banjarmasin merupakan kota terkecil di Kalimantan, bahkan luasnya lebih kecil daripada Jakarta Barat.
Kota Banjarmasin | ||
|
||
Semboyan: Kayuh Baimbai Budaya , Makanan dan Ciri Khas Kota Banjarmasin Saya akan menjelaskan beberapa dari budaya, ciri khas, dan makanan dari Kota Banjarmasin.
1. Seni Budaya
Budaya dan tradisi orang Banjar adalah hasil asimilasi selama
berabad-abad. Budaya tersebut dipengaruhi oleh kepercayaan Islam yang
dibawa oleh pedagang Arab dan Persia. Budaya Banjar dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat
Banjar khususnya dalam bentuk kesenian, tarian, musik, pakaian,
permainan dan upacara tradisional.
Adat istiadat Banjar yang melekat dengan kehidupan sosial warga
masyarakat yang bercirikan Islam terus terjaga dan dipertahankan, nampak
dari aktivitas kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini dapat juga
disaksikan melalui berbagai pentas kesenian Banjar yang sering
ditampilkan dalam acara-acara resmi, seperti tari-tarian dan lagu
Banjar. Demikian pula upacara adat khas Banjar yang biasanya
dilaksanakan dalam rangka perkawinan, kelahiran, ataupun peringatan
terhadap peristiwa penting lainnya. Dari banyaknya ragam kesenian
tersebut yang terkenal adalah :
Kesemuanya itu adalah kekayaan budaya yang sangat menarik
Tarian tradisional yang biasa ditampilkan pada upacara Tradisional
seperti: tari “Baksa Kambang”, “Baksa Lilin”, “Kula Gepang”, “Maiwak”,
dan lain-lain. Ada sekitar 76 Jenis tarian. Tari tradisional biasanya
diiringi oleh alat musik tradisional seperti: babun, gambang, aron,
salantang, kedernong, gong, suling, rehab dan dan lain-lain.
MADIHIN
Seni Madihin adalah suguhan pentas
monolog oleh satu atau dua orang seniman tradisional yang merangkai
syair dan pantun diiringi dengan musik gendang khas Banjar. Sajian
materi seni ini biasanya melemparkan sindiran – sindiran dan pesan
sosial dan moral dengan kosa kata yang menggelitik dan lucu.
MAMANDA
Seni Mamanda merupakan seni pentas teater tradisional Banjar.
Menceritakan kisah-kisah kehidupan masyarakat perjuangan kemerdekaan
serta kritik sosial dan politik yang berkembang.
MUSIK PANTING
Seni Musik Panting adalah paduan antara berbagai alat musik seperti
Babun, Panting, Biola, Gong, yang menghasilkan irama khas, biasanya
mengiringi lagu-lagu tradisional Banjar yang dinyanyikan, atau
mengiringi tarian tradisional. Istilah panting diambil dari salah satu
jenis alat musik utamanya Panting, yaitu alat musik petik yang mirip
dengan Gitar Gambus berukuran kecil.
2. Ciri Khas
Kain Sasirangan, kerajinan khas daerah Kalimantan Selatan
Kain
sasirangan yang merupakan kerajinan khas daerah Kalimantan Selatan
(Kalsel) menurut para tetua masyarakat setempat, dulunya digunakan
sebagai ikat kepala (laung), juga sebagai sabuk dipakai kaum lelaki
serta sebagai selendang, kerudung, atau udat (kemben) oleh kaum wanita.
Kain ini juga sebagai pakaian adat dipakai pada upacara-upacara adat,
bahkan digunakan pada pengobatan orang sakit. Tapi saat ini, kain
sasirangan peruntukannya tidak lagi untuk spiritual sudah menjadi
pakaian untuk kegiatan sehari-hari, dan merupakan ciri khas sandang dari
Kalsel. Di Kalsel, kain sasirangan merupakan salah satu kerajinan khas
daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Kata “Sasirangan”
berasal dari kata sirang (bahasa setempat) yang berarti diikat atau
dijahit dengan tangan dan ditarik benangnya atau dalam istilah bahasa
jahit menjahit dismoke/dijelujur. Kalau di Jawa disebut jumputan. Kain
sasirangan dibuat dengan memakai bahan kain mori, polyester yang dijahit
dengan cara tertentu. Kemudian disapu dengan bermacam-macam warna yang
diinginkan, sehingga menghasilkan suatu bahan busana yang bercorak aneka
warna dengan garis-garis atau motif yang menawan.
Proses Pembuatan Kain Sasirangan
Pertama menyirang kain, Kain dipotong secukupnya disesuaikan
untuk keperluan pakaian wanita atau pria. Kemudian kain digambar dengan
motif-motif kain adat, lantas disirang atau dijahit dengan tangan
jarang-jarang/renggang mengikuti motif. Kain yang telah dijahit, ditarik
benang jahitannya dengan tujuan untuk mengencangkan jahitannya,
sehingga kain mengerut dengan rapat dan kain sudah siap untuk masuk
proses selanjutnya.
Kedua penyiapan zat warna, Zat warna yang digunakan adalah zat warna
untuk membatik. Semua zat warna yang untuk membatik dapat digunakan
untuk pewarnaan kain sasirangan. Tapi zat warna yang sering digunakan
saat ini adalah zat warna naphtol dengan garamnya. Bahan lainnya sebagai
pembantu adalah soda api (NaOH), TRO/Sepritus, air panas yang mendidih.
Mula-mula zat warna diambil secukupnya, kemudian diencerkan/dibuat
pasta dengan menambahkan TRO/Spirtus, lantas diaduk sampai semua
larut/melarut. Setelah zat melarut semua, kemudian ditambahkan beberapa
tetes soda api dan terakhir ditambahkan dengan air panas dan air dingin
sesuai dengan keperluan. Larutan harus bening/jernih. Untuk melarutkan
zat warna naphtol sudah dianggap selesai dan sudah dapat dipergunakan
untuk mewarnai kain sasirangan.
Untuk membuat warna yang dikehendaki, maka zat warna naphtol harus
ditimbulkan/dipeksasi dengan garamnya. Untuk melarutkan garamnya,
diambil sesuai dengan keperluan kemudian ditambahkan air panas sedikit
demi sedikit sambil diaduk-aduk kuat-kuat sehingga zat melarut semua dan
didapatkan larutan yang bening. Banyaknya larutan disesuaikan dengan
keperluan. Kedua larutan yaitu naphtol dan garam sudah dapat
dipergunakan untuk mewarnai kain sasirangan, yaitu dengan cara
pertama-tama mengoleskan/menyapukan zat warna naphtol pada kain yang
telah disirang yang kemudian disapukan lagi/dioleskan larutan garamnya
sehingga akan timbul warna pada kain sasirangan yang sudah diolesi
sesuai dengan warna yang diinginkan. Setelah seluruh kain diberi warna,
kain dicuci bersih-bersih sampai air cucian tidak berwarna lagi.
Kain yang sudah bersih, kemudian dilepaskan jahitannya sehingga
terlihat motif-motif bekas jahitan diantara warna-warna yang ada pada
kain tersebut. Sampai disini proses pembuatan kain sasirangan telah
selesai dan dijemur salanjutnya diseterika dan siap untuk dipasarkan.
3. Makanan
Kuliner khas Banjarwarung kuliner terapung di atas air di kota Banjarmasin warung-warung kuliner
Bagi anda berkunjung ke Banjarmasin lalu ingin menikmati berbagai
masakan khas Banjar, inilah beberapa lokasi yang seingat penulis untuk
bisa dikunjungi.
1.seperti longtong Banjar yang paling dikenal adalah lontong orari
terletak di Jalan Pahlawan atau Kampung Melayu Banjarmasin, serta
beberapa lokasi lain dipinggir jalan.
2. Soto Banjar juga menyebar di mana-mana tetapi paling dikenal adalah
Soto Yana Yani Sungai Jingah, atau soto Bang Amat dan soto Bawah
Jembatan Banua Anyar. Soto Banjar yang juga enak sambil menikmati di
atas sungai berada di tengah Pasar Terapung.
3. Makanan karih kambing terkenal adalah warung Mami Pasar Ujung Murung serta beberapa tempat lain.
4. Itik Panggang juga menyebar dimana-mana tetapi paling banyak dikunjungi warung Ma Haji pertigaan Jalan Jati.
5. Masakan laksa, serabi, lupis, dan kue 41 macam bisa dinikamati di beberapa lokasi pasar ahad Kertak Hanyar.
Sementara masakan Banjar secara umum, atau paling lengkap ada gangan
waluh, sambal acan, papuyu dan haruan baubar, urap iwak bapais, iwak
basanga adalah warung Idah Jalan S Parman, Warung Kaganangan dan
Cendrawasih di Kertak Baru, warung Sederhana Pelabuhan Trisakti dan
beberapa lokasi lainnya.lokasi lain selain di Banjarmasin juga terdapat di beberapa lokasi di
kota-kota Kalsel, kalau menyusuri jalan trans Kalimantan arah Kaltim
maka akan ketemu di sentra warung makan masakan Banjar di Pulau Pinang,
Binuang, atau Tambarangan.
NAMA-NAMA MASAKAN BANJAR
————————
Sulit bagi seseorang untuk mencatat jenis masakan khas Banjar, karena
terlalu banyak selain itu masakan khas juga terdapat di anak suku
seperti anak suku Banjar yang berasal dari Alabio, Amuntai, Tanjung,
Paringin. Negara, Kandangan, Rantau, Martapura dan daerah lainnya.
Seingat penulis sajalah masakan Banjar, antara lain, laksa, lontong,
katupat kandangan, karih, nasi kuning, masak habang, masak kuning, opor
putih, opor habang, opor kuning, iwak bapais, garih batanak,gangan
lamak, papuyu baubar, papuyu basanga, haruan baubar, mandai, paisan
pipih, paisan patin, paisan baung, saluang basanga, gangan waluh, gangan
karuh, haruan masak kecap, gangan nangka, gangan pisang, gangan humbut,
gangan rabung, bistik, gangan gadang pisang, gangan haliling, gangan
katuyung, gangan kaladi, luncar kaladi, lumbu kaladi bapais, urap, lodeh
nangka, kulit nangka bajaruk, jaruk tarap, paisan wadi haruan, paisan
wadi sapat, wadi basanga, pakasam bapais, pakasam basanga, iwak bakukus,
kalangkala bakulu, jaruk kalangkala, jambu biji bacampur santan, tarung
babanam basantan, tarung batanak, using-using kangkung, using-using
tarung hintalu, using-using hundang papai, daging sanggingan, karih
daging, sop buntut, rawon, jaruk kulit pisang, kembang tigaron bajaruk,
gangan asam dan banyak lagi nang lainnya.
KALAU NAMA WADAI DIKENAL 41 MACAM
———————————
Antara lain nama wadai (penganan/kue), bingka, bingka barandam,
kararaban, kikicak, bulungan hayam, kelalapon, cingkarok batu, wajik,
apam, undi-undi, untuk-untuk, sarimuka, wadai balapis, cincin, cucur,
lamang, cakodok, gaguduh, ronde, ilat sapi, garigit, sasagun, lupis,
pais pisang, hintalu karuang, wadai satu, gincil, katupat balamak, bubur
sagu, serabi, putri salat, patah, pais sagu, pais waluh,dadar gulung,
agar-agar habang, wadai gayam, amparan tatak, sarikaya, dan lainnya
masih banyak lagi
|
Sumber : disini
Awalnya aku hanya mencoba2 bertogel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasi sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang dukun.yang ternyata alhamdulillah dengan seisin gusti Allah dengan lantaran OM AGUS aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan OM AGUS dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,sawdara bisa membuktikan sendiri silahkan hubungi OM AGUS di no (085-397-766-615) yg penting anda yakin dan percaya dan jgn samakan dgn peramal yg lainnya seperti ki ronggeng,mba sugem ki nugroho mba jombrang dll.saya sdh berkali2 menghubungi peramal yg lainnya seperti aki2 dan mba2.tapi cuma mengecewakan saya dan menipu saya.tapi kali ini saya sudah betul2 percaya bahwa peramal asli itu memang betul memang ada yaitu OM AGUS.insya allah OM AGUS tdk mengecewakan anda.terima kasih yg punya ROOM
BalasHapus